Beberapa Hal Yang Dapat Membuat Usia Anjing Lebih Panjang

Beberapa Hal Yang Dapat Membuat Usia Anjing Lebih Panjang

Daftaranjingpopuler.web.id – Agar anjing PetLovers bisa mencapai tahapan usia yang panjang, kuncinya ada pada cara merawat anjing yang tepat. Nah, tau tidak kalau ternyata ada beberapa hal sederhana yang berpengaruh terhadap kesehatan jangka panjang anjing kesayangan.

Tapi sebelum membahasnya lebih lanjut, yuk cari tau rata-rata usia anjing sesuai ras dan ukuran mereka.

Rata-rata Usia Anjing

Harapan hidup anjing umumnya tergantung pada ras dan ukuran mereka.

Ukuran                                                           Ras                                                            Rata-rata Usia
Small Breed                 Chihuahua, Pomeranian, Yorkshire Terrier, dll.                      10-15 tahun
Medium Breed            Cocker Spaniel, Poodle, Bulldog, Chow-chow                          10-13 tahun
Large Breed                 Great Dane, St. Bernard, Dogue de Bordeaux, dll.                   8-12 tahun

Hal-hal Sederhana yang Menyehatkan Anjing

Setelah mengetahui rata-rata usia anjing berdasarkan ras dan ukurannya, berarti saatnya merawat anjing dengan baik agar mereka terhindar dari penyakit anjing dan mendapatkan usia hidup yang panjang.

Nah ada beberapa hal sederhana yang berpengaruh sekali terhadap kesehatan jangka panjang mereka. Apa saja?

Vaksinasi

Kenapa vaksin penting untuk anjing? Kenapa PetLovers tidak boleh menunda waktu vaksin? Berikut ulasannya.

Vaksinasi penting dilakukan untuk mencegah infeksi penyakit mematikan seperti rabies, parvo, dan distemper. Vaksinasi juga menstimulasi sistem imun tubuh untuk membentuk antibodi terhadap agen infeksius tertentu sebelum hewan terpapar agen infeksius tersebut.

Ketika anjing sudah terlindungi dari penyakit berbahaya seperti disebutkan di atas, maka dia akan berpotensi mendapatkan usia hidup yang lebih panjang.

Soal jadwal vaksin, PetLovers bisa memodifikasi tergantung pada kondisi hewan dan lingkungan tempat tinggal PetLovers, jadi konsultasikanlah dengan dokter hewan.

Baca Juga : Takaran Makanan Ideal untuk Anjing

Pemeriksaan berkala

Penting sekali membawa anjing ke dokter hewan secara rutin. Hal ini untuk melakukan pemeriksaan fisik lebih lengkap seperti frekuensi dan suara jantung, frekuensi dan suara paru-paru, suhu tubuh, kesehatan mulut dan gigi, kesehatan kulit dan rambut, kondisi telinga, penuh/tidaknya anal gland, dan kesehatan sendi dan limfonodus.

Soal jadwal pemeriksaan tergantung usia anjing PetLovers.

Untuk anjing dewasa perlu dibawa ke dokter hewan minimal satu kali pertahun. Pemeriksaan ini dapat dilakukan bersamaan dengan vaksinasi tahunan. Untuk anjing senior (usia 7 atau 8 tahun ke atas) juga perlu dibawa ke dokter hewan minimal satu kali pertahun untuk vaksinasi dan pemeriksaan fisik lengkap.

Selain pemeriksaan fisik, screening biokimia darah dasar juga penting dilakukan minimal satu kali pertahun.

Tujuannya untuk melihat fungsi hati, ginjal, dan kadar gula darah. Tujuan dari screening tahunan ini adalah untuk mendeteksi dini munculnya penyakit geriatrik seperti gangguan ginjal, gangguan hati, dan diabetes.

Amati gejala penyakit pada anjing

Sebagai pemilik anjing, PetLovers pasti paling mengerti gerak-gerik dan kebiasaan hewan kamu. Dengan demikian, PetLovers adalah orang pertama yang bisa mengamati apabila hewan menunjukkan ketidaknyamanan atau rasa sakit.

Gejala yang perlu diamati meliputi berkurangnya nafsu makan, lemas, muntah, diare, urinasi berlebih (atau berkurang), batuk, eksudat dari mata/telinga/hidung, gatal-gatal/kemerahan/pitak pada kulit, kaku pada saat berjalan, kaki tidak menumpu, dan sebagainya.

Semakin cepat mengetahui gejala ini, berarti anjing semakin cepat tertolong dari penyakit anjing yang akan menyerangnya.

Kontrol parasit

Parasit terdiri atas ektoparasit (berada di luar tubuh hewan) dan endoparasit (berada di dalam tubuh hewan). Contoh dari parasit antara lain adalah cacing, tungau, caplak, dan kutu. Cegah infeksi parasit dengan memberikan obat yang sesuai dengan kebutuhan (obat cacing, obat kutu/caplak/pinjal) agar anjing mendapatkan usia lebih panjang.

Jaga berat badan ideal

Banyak orang percaya bahwa anjing yang lucu adalah anjing yang gemuk. Faktanya, anjing yang sehat adalah anjing yang memiliki berat badan dan skor tubuh yang ideal.

Diskusikan dengan dokter hewan langkah-langkah apa yang dapat diambil untuk menjaga agar berat badan anjing Anda tetap ideal.

Sterilisasi

Semua anjing sebaiknya dikebiri (dioperasi agar tidak bisa punya anak) kecuali anjing tersebut akan dikembangbiakkan. Anjing betina sebaiknya dikebiri pada usia 6 bulan, atau sebelum siklus pertamanya. Anjing jantan bisa dikebiri pada usia 5 – 10 bulan.

Prosedur ini bertujuan untuk mencegah lahirnya anak-anak anjing yang tidak diinginkan dan mencegah masalah medis serius di masa yang akan datang. Beberapa masalah medis yang dapat dicegah dengan kebiri antara lain masalah prostat (jantan), kanker testis (jantan), infeksi uterus (betina), dan kanker payudara (betina).

Untuk menjaga kesehatan anjing dewasa dalam jangka panjang, PRO PLAN memiliki makanan anjing Pro Plan Adult. Produk ini diformulasikan secara khusus berdasarkan ukuran hewan: kecil, sedang, dan besar.

Kandungan antioksidan yang tinggi serta kandungan nutrisi yang seimbang, lengkap, dan mudah dicerna baik untuk menjaga kesehatan jantung, gigi, dan sendi anjing Anda.

Related posts