Mengenal Lebih Jauh Anjing Pekingese

Mengenal Lebih Jauh Anjing Pekingese

Daftaranjingpopuler.web.id – Berikut ini mari kita bahas beberapa hal mengenai anjing yang memiliki kemiripan dengan seekor singa. Anjing Pekingese berhubungan dengan keberadaan lamaist dari Buddism di Cina yang menganggap singa sebagai simbol kemuliaan atau keagungan dari Budha, kadang-kadang Pekingese mirip bentuk miniaturnya. Anjing-anjing Foo kemudian yang lahir memiliki kemiripan dengan seekor singa. Kenyataannya kemudian anjing-anjing ini terkenal sebagai anjing singa.

Selama dinasti Tang berkuasa (AD 700 sampai AD 1000) banyak anjing-anjing singa ini dipersembahkan sebagai hadiah raja oleh pelayan-pelayan khusus. Pekingese yang lebih kecil disebut sleeve dogs (anjing-anjing lengan baju) karena mereka dapat dibawa dalam lengan baju master-master Cina (pembesar Cina).

Pada tahun 1860 Kerajaan Cina dikuasai Inggris. Saat dirampas ini ada lima ekor anjing singa yang bagus yang dibawa pulang ke Inggris. Salah satu dari anjing itu dipersembahkan pada Ratu Victoria. Semua itu menyebabkan penggemar-penggemar anjing jadi tertarik untuk memeliharanya sehingga permintaan anjing ini cukup besar. Tetapi sayang perkembangannya agak lambat. Kini anjing ini dikenal sebagai anjing peliharaan dan anjing show. Lalu bagaimana sebenarnya standarisasi anjing pekingese?

Penampilan Umum

Pekingese merupakan anjing yang kompak dan seimbang dengan bagian depan besar dan bagian belakang lebih ringan. Anjing yang berasal dari Cina ini merupakan anjing yang mandiri, individual dan berekspresi. Imej-nya seperti singa. Anjing ini lebih terlihat pemberani daripada cantik, atau halus.

Ukuran, Substansi, Proporsi

Pekingese seharusnya besar ketika terangkat. Anjing ini memiliki tubuh yang berotot. Tulang dari tubuh bagian depan harus sangat besar sesuai dengan ukuran tubuh. Berat badannya dibatasi sebesar 14 pounds. Jika beratnya lebih dari 14 pounds merupakan diskualifikasi. Proporsi : panjang tubuh, dari tulang dada depan segaris lurus dengan pantat, sedikit lebih besar daripada tinggi pada bagian atas tubuh.

Kepala

Tengkorak

Topskull massive, lebar, dan rata (tidak terbentuk kubah). Topskull tinggi, tulang pipi lebar, rahang bawah melebar, dagu lebar merupakan struktur bentuk wajah yang benar. Ketika dilihat secara frontal tengkorak lebih lebar daripada dalam. Wajah Pekingese harus rata.

Hidung

Hidung berwarna hitam, melebar, sangat pendek. Lubang hidung terbuka.

Mata

Mata besar, sangat gelap, bundar, terpasang lebar. Kelihatan cantik, tidak menonjol.

Stop

Stop dalam.

Moncong

Moncong sangat pendek dan lebar dengan tulang pipi lebar dan tinggi. Warna kulit hitam. Cambang menambah ekspresi Orientalnya.

Mulut

Rahang bawah sedikit lebih maju dari rahang atas (under Shot). Rahang bawah kuat, lebar.

Leher, Tubuh, Ekor

Leher

Leher sangat pendek, dan tebal.

Tubuh

Tubuh berbentuk pear dan kompak. Dada lebar dengan tulang dada sedikit atau tidak menonjol. Topline sejajar.

Ekor

Bagian dasar ekor terpasang tinggi.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Anjing Chinese Crested Dog

Tubuh Bagian Depan

Tubuh bagian depan bertulang pendek, tebal dan besar. Tulang kaki sedikit “bowed� diantara pastern dan siku. Siku menutup tubuh. Kaki depan besar, rata dan dapat digeser keluar sedikit. Anjing harus berdiri dengan benar.

Tubuh Bagian Belakang

Tubuh bagian belakang bertulang lebih ringan/ramping dibanding tubuh bagian depan. Ketika dilihat dari belakang, kaki belakang tampak menutup dan paralel.

Bulu

Anjing ini berbulu penuh, dengan bulu bagian luar panjang, tekstur kasar, lurus dan berdiri sedangkan bulu bagian dalam tebal dan lebih halus.

Warna

Semua warna bulu dan marking termasuk particolors dibolehkan.

Gaya Berjalan

Gaya berjalan tidak tergesa-gesa dan mulia dengan sedikit gulungan diatas bahu. Gaya berjalan menggulung disebabkan kaki depan yang bowed dan tubuh bagian depan yang lebih besar dan lebih lebar dan tubuh bagian belakang yang lurus paralel. Gerakan menggulung lembut dan tanpa tenaga.

Temperamen

Pekingese memiliki temperamen yang merupakan gabungan dari kepercayaan diri, kemandirian, dan yang membuatnya tampak alami, hidup dan anjing sahabat yang penuh kasih sayang dan sangat respek.

Perawatan

Anjing ini memerlukan perawatan bulu yang intensif, setiap hari harus disisir agar bulu tidak kusut. Yang perlu diperhatikan, anjing ini sebisa mungkin tidak dimandikan karena struktur bulunya akan rusak. Anda bias menggunakan dry shampoo untuk membersihkan secara berkala.

Perhatikan bagian mata Karena sangat sensitive, mata anjing ini mudah copot karena posisinya yang agak keluar. Sebaiknya jangan dicampur dengan anjing lain, karena kalau bermain atau berkelahi mata Pekingese mudah luka atau copot.

Peringkat AKC : 27

Family : Companion

Daerah asal : Cina

Tahun asal mula : beberapa tahun yang lalu

Fungsi asal mula : anjing piaraan

Fungsi sehari-hari : anjing sahabat

Nama Lain : anjing singa, Peking, Palasthund

Related posts