Tips Untuk Merawat Anjing Pug

Tips Untuk Merawat Anjing Pug

Daftaranjingpopuler.web.id – Perawatan anjing Pug tidaklah sulit karena bulunya yang pendek sehingga tidak memerlukan perawatan seperti anjing Shih Tzu. Mandikan anjing Pug secara berkala 1 bulan sekali.

Jika kotor atau bau cukup dilap dengan kain basah yang mengandung antiseptik atau bisa menggunakan bedak dry shampo yang banyak dijual dipasaran. Utamakan kebersihan disekitar wajah karena bagian ini memiliki kulit berlipat sehingga mudah menyimpan kotoran terutama sisa makanan.

Selalu jaga kebersihan pada kulit karena Pug mudah terkena penyakit kulit Demodek terutama pada saat anakan. Anda dapat menggunakan sikat halus untuk menyisir bulu Pug setiap hari.

Penyisiran dapat membuang kotoran yang menempel pada bulu dan membuang bulu mati.Walaupun bulu anjing Pug pendek dan tidak terlalu halus, bulunya mudah sekali rontok walau dengan sentuhan halus sekalipun.

Kebersihan pada mata juga menjadi prioritas karena matanya yang menonjol keluar mudah terkena debu sehingga iritasi atau mengeluarkan air mata yang berlebihan.

Anjing Pug tidak memerlukan latihan, cukup sediakan ruang bermain didalam rumah maka dia akan bergerak. Jika ingin membawa jalan keluar rumah sebaiknya pada pagi atau sore hari dimana matahari tidak terlalu terik karena dengan hidung yang pesek, Pug mudah terserang heat stroke.

Jangan heran jika suata saat anda mendengar dengkurannya pada saat anjing Pug tertidur pulas atau pernafasannya tersedak pada saat anjing Pug terlampau girang. Hal ini disebabkan oleh hidungnya yang pesek.

Dengan perawatan dan pemeliharaan yang benar ditambah dengan kasih sayang dari pemiliknya maka Pug dapat hidup hingga usia 14 tahun dan bahkan lebih.

Lakukan pembatasan terhadap pemberian makanan serta suguhan pada anjing pug. Anjing pug ini cukup serakah, dan matanya yang bulat dan besar akan mencoba meyakinkan Anda bahwa ia masih merasa lapar.

Baca Juga : Tips Mengatasi Anjing yang Tak Mau Makan

Anjing pug dapat dengan mudah menjadi gemuk apabila Anda memberinya terlalu banyak makanan. Oleh karena itu, pelajarilah bagaimana cara mengamati serta mencatat pertumbuhan berat anjing dari waktu ke waktu, agar Anda dapat secara saksama mengawasi dan tahu setiap pertambahan berat yang terjadi, walaupun hanya sedikit.

Dengan demikian, Anda dapat mengurangi porsi makanan anjing dan membuat berat badannya turun sebelum terakumulasi menjadi lebih banyak dan menjadi sebuah masalah yang besar.

Pada dasarnya, anjing pug menyukai hampir semua jenis makanan. Cobalah memberinya makan sayur-mayur segar sebagai suguhan yang diberikan pada saat latihan, untuk membuatnya tetap sehat dan terus termotivasi.

Simpanlah makanan anjing pug di dalam wadah penyimpanan khusus makanan anjing yang kedap udara, di lokasi yang sulit dijangkau oleh anjing. Jika tidak, anjing pug bisa saja memecahkan wadah makanan dan melahap semua isinya dengan rakus.

Sangat penting bagi Anda untuk menjaga berat badan anjing pug agar tetap langsing, dikarenakan masalah pernapasan yang berpotensi menyerang. Berat badan berlebih menuntut tubuh untuk mendapatkan oksigen ekstra, lalu lemak tubuh berlebih dapat menekan paru-parunya, jalan masuk udara, serta tenggorokan, sehingga membuat anjing pug kesulitan bernapas.

Related posts