Shetland Sheepdog Si Penggembala

Shetland Sheepdog Si Penggembala

daftaranjingpopuler.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Shetland Sheepdog Si Penggembala. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Shetland Sheepdog Si Penggembala

Karakter fisik
Shetland memiliki kecerdasan, lembut, dan ekspresi santun. Meskipun tampak seperti versi miniatur Rough Collie, ia memiliki beberapa perbedaan juga. Anjing Gembala yang gesit ini memiliki tubuh kecil yang panjang sebanding dengan tingginya. Kiprahnya meliputi tanah, halus, tanpa usaha, dan, memberikan kecepatan, ketangkasan, dan daya tahan yang baik pada anjing penggembala.

Mantel gandanya terdiri dari lapisan bawah yang padat, lembut, pendek yang secara efektif membuat Sheltie nyaman di lingkungan yang dingin dan hangat, dengan mantel luar yang lurus, panjang, dan keras yang mengusir hujan dan kelembaban. Surai, ekor, dan embel-embel memiliki rambut yang melimpah, dengan surai tumbuh dengan ukuran mengesankan pada Shelties jantan khususnya. Warnanya beragam. Dua warna utama berwarna sable – campuran gelap dan coklat muda dengan putih – atau biru, dengan abu-abu, putih dan hitam. Sheltie bisa sekecil 12 inci, dan setinggi 16 inci, tetapi dalam kedua kasus itu dianggap sebagai anjing kecil.

Kepribadian dan Temperamen
Ras ini menikmati kebersamaan dengan manusia, membalas kebaikan dengan kesetiaan dan kasih sayang. Bukan hanya lucu, anjing ini juga lembut, ramah, dan sopan, tetapi juga berperilaku baik dengan anak-anak, meskipun kadang-kadang bisa menggigit tumit saat bermain jika tidak dilatih sebaliknya. Shelties yang lebih tua mungkin tidak nyaman dengan anak-anak jika mereka tidak terbiasa dengan mereka, dan dalam kasus ini, anjing harus dilindungi dari anak-anak yang aktif untuk menghindari perilaku defensif yang tidak disengaja dari anjing. Seringkali, Sheltie pemalu dan pendiam terhadap orang asing. Meskipun kecenderungan untuk menggonggongi banyak orang dianggap sebagai kesalahan, karakteristik inilah yang membuat Sheltie dianggap sebagai anjing penjaga yang luar biasa. Shetland Sheepdogs sangat cerdas, sensitif, dan selalu bersedia untuk menyenangkan. Kualitas-kualitas ini menjadikannya pembelajar yang cepat dan patuh yang memiliki nilai tambah dalam berdedikasi dan melindungi keluarganya.

Perawataan
Anjing gembala Shetland dapat hidup di luar di daerah beriklim sedang tetapi sangat baik sebagai anjing rumahan. Mantel ganda yang tebal membutuhkan penyisiran setidaknya setiap hari dan keramas mingguan. Anjing ini sangat energik, tetapi rutinitas rutin yang meliputi jogging pendek, jalan-jalan panjang yang baik, atau sesi latihan dan permainan aktif dapat memenuhi kebutuhan latihan fisik dan mentalnya. Jika tidak diberikan olahraga setiap hari, Sheltie bisa menjadi cemas dan gelisah. Sangat penting bagi jenis ini untuk menghabiskan energinya sehingga dapat bersantai di rumah bersama keluarganya di akhir hari.

Baca Juga : Cara Melatih Anjing Melacak

Kesehatan
Sheltie memiliki masa hidup 12 hingga 14 tahun dan mungkin rentan terhadap masalah kecil seperti kemewahan patela, alergi, hipotiroidisme, Legg-Perthes, displasia panggul anjing, hemofilia, trichiasis, katarak, anomali mata Collie, dan atrofi retina progresif, atau yang utama seperti dermatomiositis. Kadang-kadang jenis ini menderita epilepsi, Penyakit von Willebrand, paten ductus arteriosus (PDA), dan tuli. Tes mata, pinggul, DNA, dan tiroid disarankan. Beberapa mungkin tidak mentolerir ivermectin. Satu merle tidak boleh dibiakkan dengan merle yang lain karena merle homozigot berbahaya bagi kesehatan dan bisa mematikan.

Sejarah dan Latar Belakang
Anjing gembala Shetland berakar pada anjing penggembala Skotlandia, yang juga merupakan nenek moyang Collie. Beberapa anjing jenis Collie fase awal ini sangat kecil, berdiri sekitar 18 inci.

Related posts